PENJELASAN KOTA YOURBA
Yoruba adalah kota-kota yang tersebar di hutan-hutan di Nigeria barat daya dan sebuah negara besar Savanna di sebelah utara hutan. Orang-orang Yoruba berbicara bahasa Kwa tentang stok, indi bahwa Yoruba tidak terlalu terkait dengan neighbo mereka di Dahomey, Togo, dan Ghana. Yoruba tampaknya masuk ke Nigeria selatan sebelum tahun 1000, terbagi menjadi dua kelompok utama: satu di savana di oyo lainnya di hutan di wilayah Ife dan Ijebu. Masing-masing kelompok ini telah dibedakan menjadi subkelompok yang berbeda. Lama sebelum 1000, telah menguasai pertanian dan kerja besi: bukti peleburan besi di daerah mereka di Nigeria telah dilacak kembali sejauh 400 SM. Seperti Akan, bagaimanapun, kemakmuran mereka di negara hutan bisa - tidak terlalu besar sampai sekitar 1000 millium pertama, ketika tanaman Asia Timur diperkenalkan. Tradisi Yoruba menempatkan orang-orang Yoruba di Ife. Satu mitos berpendapat bahwa seluruh umat manusia dikalahkan di Ife, dan tersebar di seluruh dunia dari sana. Lain, jauh lebih sederhana, memegang itu
b.c. Seperti akan, bagaimanapun, kemakmuran mereka di negara hutan bisa. tidak terlalu besar sampai sekitar millen nium A.D., ketika tanaman Asia Timur diperkenalkan. Tradisi Yoruba menempatkan orang-orang Yoruba di Ife. Satu mitos berpendapat bahwa semua manusia diciptakan di Ife, dan menyebarkannya dari dunia ke sana. Lain, jauh lebih sederhana, berpendapat bahwa Oduduwa, nenek moyang semua orang Yoruba, tiba di Ife dari suatu tempat yang jauh ke timur, dan mendirikan orang-orang Yoruba. Apapun masalahnya, semua Yoruba masih menganggap Ife sebagai kota suci. Arkeolog modern berada di tengah penggalian luas di Ife modern, sebuah tugas yang sulit mengingat pengelompokan rumah yang padat dan sejumlah besar cakar suci yang tidak dapat disentuh oleh sekop arkeolog. Patung dan patung batu, terra cotta, dan perunggu yang telah ditemukan jauh sebelum tahun 1300 dan menunjukkan tingkat kekayaan dan stabilitas yang tinggi. Sebagian besar masyarakat Sudan tinggal dalam satu atau lain lingkungan geografis; Bukan begitu Yoruba, yang memainkan peran baik di rumput. tanah Sudan dan di hutan hujan. Kelompok besar Yoruba telah lama mendiami wilayah Ilorin dan o selatan Nupe dan Hausa- land. Di sekitar Oyo mereka membangun sebuah kerajaan kecil yang kuat yang sejarahnya diketahui kembali setidaknya sampai tahun 1400. kelompok Yoruba lainnya dan orang-orang yang terkait erat di hutan-hutan di Nigeria barat daya, di sekitar kota-kota
Ife, Ilesha, Ibadan, Ijebu-Ode, Akure, Ondo, dan Abeokuta, membangun negara-negara yang sangat terstruktur dan budaya yang kaya seni, musik, agama, drama, dan sastra lisan.
Kehidupan Yoruba Sabana, di Ilorin dan Das Oyo, yang terkait erat dengan pola kerajaan yang luas. Ekonomi mereka, seperti orang-orang bangsa lain dari Sudan, didasarkan pada produksi millet, sorgum, sapi kacang polong, dan tanaman kerajaan lainnya. Penduduk hutan Yoruba dan orang-orang dari Sabana berbicara bahasa yang sama, mengakui usul, berbagi sebuah organisasi sosial dan politik yang serupa, dan memakai gaun. Namun hutan Yoruba, seperti Akan dan para penghuni hutan lain, tinggal di desa-desa yang besar, kota-kota dan mengabdikan diri kepada budidaya tanaman tuberous.
Pencapaian unik hutan Yoruba, seperti bangsa Edo terkait yang menciptakan Kekaisaran Benin Timur tanah Yoruba, adalah seni mereka. Oyo, dan sisi lain, tampaknya telah mengalihkan perhatian lebih kepada politik dan pemerintahan dan tidak pernah mencapai kebesaran di seni yang saudara bangsa-bangsa di Selatan mencapai.
Namun, Kekaisaran Oyo adalah pencapaian politik mahkota penduduk Yoruba. Setidaknya sebagai awal 1400 Yoruba Oyo diselenggarakan ke dalam keadaan di bawah pemerintahan tof ialah "alafin"(king). Menurut tradisi, yang berat dicampur dengan mitos-mitos agama nasional, Oyo didirikan oleh Oranmiyan, anak atau cucu dari Oduduwa, yang berasal dari Ife. Empat puluh tiga alafins dikatakan berasal dari Oranmiyan dalam Dinasti yang mungkin setua enam ratus tahun. Alafin ketiga, Sango, membawa beberapa negara sekitarnya di bawah kontrol Oyo's; legenda telah begitu menggambarkan keglamoran Sango, dia sekarang dipuja sebagai dewa petir dan pencahayaan Yoruba.
Tradisi Oyo berbicara tentang kontak awal sering, dan konflik, dengan Nupe, Hausa, dan Borgu. Oyo awal meski telah menduduki posisi sebagai ujung selatan rute perdagangan yang menghubungkan hutan dan masyarakat pesisir dengan Nupe, Hausa, dan Sudan perdagangan kunci. Nupe dan Oyo saingan, dan tanggal dapat diverifikasi awal Oyo adalah ketika raja Nupe's, Tsoede, hancur Oyo tua di sekitar 1532.
Sepanjang akhir keenam belas dan ketujuh berabad-abad Oyo diperpanjang wilayahnya ke utara untuk menyertakan Yoruba Ilorin, dan mengakibatkan kekalahan besar di Nupe. Di Selatan di bertahap dimasukkan negara Yoruba lainnya. Tapi oyo's kavaleri tak pernah berhasil membangun kontrol yang kuat di hutan perbukitan di Serikat Yoruba di Selatan dan barat daya. Oyo terkonsentrasi ekspansi ke barat daya dan Barat. Itu didirikan kekuasaan atas keadaan Yoruba Egbabo dan Fon disebut Dahomey. Melalui Egbabo ini memperoleh akses langsung ke pantai, yang ia bisa mengambil bagian dalam perdagangan dengan Eropa.
Sistem politik Oyo adalah sangat kompleks. Alafin memiliki kekuatan yang luas, dan, dalam khas kerajaan mode, dipercayai sebagai semidivine. Kuasa-Nya seimbang oleh council, Oyo Mesi, yang dipimpin oleh seorang pejabat yang disebut bashoruns. Di zaman ketika alafin adalah kuat dan dan bijaksana, The Oyo Mesi disajikan untuk memperkuat pemerintahannya. Pada saat alafins lemah atau kuat bashoruns, Oyo Mesi cenderung untuk memperkuat perpecahan internal dan ketegangan. Teori politik Yoruba cenderung mempertanyakan kebijaksanaan memiliki penguasa kekuatan yang tidak mudah diperiksa. Oyo Mesi, yang berfungsi sebagai cek pada alafin, itu sendiri di bawah pengawasan thr Ogboni, sebuah masyarakat rahasia yang termasuk banyak pembaca agama dan politik. Alafins kuat terus-menerus berjuang untuk mendukung mereka pribadi di antara para pemimpin militer dan provinsi berikut oleh bangunan. Oyo Mesi, kadang-kadang Ogboni, mencoba untuk mengekang upaya semacam itu. Oyo Mesi telah ine kekuasaan tertinggi dalam perjuangan ini: bisa, dan sering lakukan, memerlukan alafin tirani atau tidak etis untuk bunuh diri.
Di bawah sistem ini Oyo makmur antara ketujuh-belas awal dan akhir abad kedelapan belas, mencapai puncak kekuasaannya antara berikut sekitar 1650, dan 1754, periode selama kekuasaan alafin tumbuh, bashorun kejam, Gaha, datang ke kekuasaan. Gaha melemahkan kekuatan beberapa alafins berikutnya, sampai Abiodun satu aturan, dari 1774 sampai 1789, anak sungai penting menyatakan dalam Kekaisaran Oyo memberontak dan kemerdekaan mereka kembali. Ini menandai awal proses panjang penurunan dalam Kekaisaran nasib. Selama pemerintahan Abiodun's, atau dalam beberapa tahun setelah kematiannya, Borgu, Egba, dan Nupe melemparkan Oyo kontrol, dan disebut Dahomey, sementara masih mengakui Kemaharajaan Oyo's, beberapa kali menolak untuk membayar upeti yang adat. Pada 1818 disebut Dahomey secara resmi menyatakan kemerdekaan; Ilorin bergabung dengan kerajaan suku Fula memperluas Nigeria Utara; dan pecah perang antara Oyo dan Owu. Setelah perang ini, Owu menjadi independen.
Di puncaknya Oyo menguasai wilayah besar yang membentang dari sungai Niger ke Atlantik, dan dari dalam kawasan hutan di Sabana ke perbatasan modern Togo. Selama setidaknya dua abad Oyo makmur perdagangan dan penghargaan sistem imperial. Setelah menjadi sebuah kerajaan yang kuat, Oyo mulai pasticipate dalam perdagangan budak dengan Eropa agen sepanjang pantai terletak dan Barat Nigeria, tetapi perdagangan ini tampaknya memiliki lebih negatif daripada konsekuensi positif untuk Oyo. Nupe dan Borgu yang kedua sumber budak dalam perdagangan melalui disebut Dahomey, tapi saat mereka tumbuh cukup kuat untuk melepaskan diri pada akhir abad kedelapan belas, Oyo menoleh ke arah Serikat Yoruba hutan sebagai sumber tambahan. Oyo budak penggerebekan meningkat, begitu pula dendam dan pembalasan negara Yoruba ini. Pada awal abad kesembilan belas situasi berkembang menjadi sebuah perang sipil, yang adalah untuk wrack Yoruba-tanah selama lebih dari setengah abad.
Sebagai konsekuensi dari perang sivil, Oyo dikurangi untuk impotensi. Oyo tua hancur pada tahun 1835. Pengungsi dari Oyo dan negara-negara lain yang mengalir melalui pedesaan mencari keselamatan. Abeokuta dan Ibadan, dua kota terbesar modern Yoruba, berasal dari pemukiman kelompok besar dari para pengungsi tersebut. Ibadan, sekarang berjumlah lebih dari setengah juta Yoruba, tumbuh pesat dan datang untuk melayani sebagai benteng paling efektif melawan suku Fula dominasi tanah Yoruba Selatan. Abeokuta menjadi titik fokus dari British kegiatan misionaris Kristen di Nigeria, serta benteng Yoruba yang mengalahkan kuat Dahomeyan tentara, inn1851, sehingga mencegah lebih lanjut penaklukan wilayah Yoruba oleh Fon.
Pada 1893 perang sipil Yoruba, tidak lagi diperburuk oleh perdagangan budak, telah berakhir. Inggris memainkan peran penting dalam upaya peacemaking, dengan akhir dari perang sipil datang awal kekuasaan kolonial di tanah Yoruba.
Tanah timur Yoruba ditinggal bangsa oleh bangsa Edo, yang menghasilkan kerajaan besar Benin. Benin adalah jangka panjang negara paling kuat dan sangat berkembang di hutan di pesisir Guinea. Untuk para pengunjung Eropa abad kelima belas dan keenam belas di jelas outshone setiap kerajaan lain di Afrika Barat.
Pada abad ketujuh belas pertengahan, ketika Benin berada di ketinggian kekuatannya, pakar geografi Belanda, Olfen Dapper, menerbitkan sebuah geografi Afrika. Ia mengabdikan banyak ruang ke Benin City, serta negara dan pemerintah.
"Empat belas atau lima belas Liga dari Gotton, sebagai satu perjalanan Utara, terletak sebuah kota yang Belanda sebut besar Benin, karena pada kenyataannya ada kota tidak begitu besar di seluruh wilayah tersebut. Istana Ratu saja ada Liga putaran, dan kota lima; sehingga kota dan Istana diambil bersama-sama memiliki perimeter delapan liga. Kota ini dikelilingi di satu sisi oleh dinding sepuluh kaki tingginya, terbuat dari ganda palisade pohon, dengan taruhannya di antara interlaced dalam bentuk salib, tebal dilapisi dengan bumi. Di sisi lain marsh, dibatasi dengan semak-semak, yang membentang dari ujung dinding ke yang lain, yang berfungsi sebagai benteng alam ke kota. Ada beberapa gerbang, delapan atau sembilan kaki tinggi dan lima kaki lebar: mereka terbuat dari kayu, semua dari satu potong, dan menyalakan saham seperti rintangan yang menyertakan meadows.
Istana Raja... adalah kumpulan bangunan yang menempati banyak ruang sebagai kota Harlem, dan yang dikelilingi dengan dinding. Ada banyak apartemen Pangeran Menteri dan halus galeri yang sebagian besar sebagai besar sebagai orang-orang di Bursa di Amsterdam...
Kota ini terdiri dari tiga puluh jalan-jalan utama, sangat lurus dan 120 kaki lebar, selain infinity dari jalan-jalan berpotongan kecil. Rumah-rumah yang dekat satu sama lain, diatur dalam urutan yang baik; mereka memiliki atap, Beranda, dan langkan, dan yang ditutupi dengan daun-daun dari pohon-pohon palem dan pisang kepada Belanda mengenai kebersihan; mereka mencuci dan menggosok rumah mereka begitu baik bahwa mereka dipoles dan bersinar seperti kaca mencari...
... Negro ini jauh lebih beradab daripada yang lain di pantai ini. Mereka adalah orang yang memiliki hukum yang baik dan polisi oraganized baik; yang hidup baik dengan Belanda dan asing lainnya yang datang untuk perdagangan antara mereka dan menunjukkan kepada mereka seribu tanda persahabatan...
... Lambang orang-orang ini terdiri dari tombak dan perisai, assegais, busur dan panah beracun. Pria yang sedang dalam perjalanan untuk mengambil bagian dalam......
Halaman 174
Aerarding ke Edu uradition negara Benin didirikan di sekitar 900 oleh orang-orang Beni yang bermigrasi dari Enpt. Tidak ada pendirian atau pandangan bahwa orang-orang datang dari Mesir dapat dipahami secara harfiah. Negara bagian ini lebih mungkin didirikan pada sekitar abad kesebelas atau abad Drellth dan para pendirinya, seperti founden et many oor lorest suates adalah orang-orang savana yang pindah ke hutan dan bergabung dengan masyarakat adat di sana. Edo adalah sebuah cabang dari Kwa menghuni saham Kordofanian Kongo dan terkait erat dengan bahasa Yoruba dan Ibo. Apapun asal usul pendiri Benin, negara hanya membutuhkan tempat di Ile pada zaman purbakala pembangunan. Perampokan bronte yang luar biasa dari arahan dan pencipta Benin (sangat terkait dengan gaya Ile) sampai pada tanggal yang hampir sama dengan tahun Ife Mereka Diproduksi pada awal abad ke-14, jika tidak sebelumnya Sejarah Benin, terutama sebagai itu telah diwariskan dalam tradisi lisan, yang paling awal ditulis oleh modern kepala tebu Jacob Egharevba. dirinya anggota bangsawan Benie. Menurut Egharevbo, penguasa dinasti hnt disebut ogiso. Dari dugaan berdirinya Benin di sekitar 900. Ada satu ogisos, Benin tumbuh secara bertahap dan termasuk dalam sistem politiknya kelompok orang Edini dari Bini dan beberapa kelompok Edo yang terkait erat. Beberapa tahun sebelum 1170 sebuah perselisihan serius tentang legitimasi keberhasilan sebuah ogiso baru terjadi. Orang-orang Bini yang jijik mengirim sebuah delegasi ke oduduwa. raja legendaris lfe yang dianggap sebagai bapak masyarakat Yoruba, untuk meminta seorang penguasa baru. Tren berpendapat bahwa Oduduwa mengirim anaknya Oranmivan, oranmiyan yang sama yang kemudian mendirikan oyo, sebagai asal Toba "(kata Yoruba untuk penguasa) Benin Oranmiyan dikatakan telah memerintah selama beberapa tahun.Dia kemudian kembali ke Yorubaland, menegaskan bahwa Benin tidak dapat dikuasai dengan benar oleh orang luar.Dia menunjuk anaknya oleh seorang istri Bini untuk menjadi penggantinya. Anak ini Eweka L adalah orang asli yang lahir pertama oba. Legenda ini hampir pasti merupakan representasi simbolis dari peran vitalnya. kota Yoruba ife bermain sebagai pusat gagasan dan bakat baru. Spekulasi sejarah memberikan akun yang sedikit berbeda, tepat sebelum tanggal 1000 Masehi. Hitam Afrika dari saham Sudan harus telah menetap di wilayah asalnya dari modem Nigeria juga di
Halaman 175
niques seni. Mungkin terjadi peningkatan yang relatif cepat pada populasi hutan sekitar periode ini. Keluarga atau kelompok keluarga angkat yang banyak, dengan kerabat dan irien mereka, pasti telah meninggalkan daerah yang penuh dengan bahaya untuk mencari keberuntungan di daerah yang berdekatan. Raja kebohongan mungkin telah mengirimkan partai-partai pemukim ini, dan mereka mungkin bisa menetapkan diri dalam pasak prestise dan kebajikan dari dukungannya. otoritas oleh band-band bohong ini akan segera diserap di Yoruba 2reas yang mereka pindahkan mungkin tidak dapat meniru daerah Yoruba yang berdekatan dengan sistem polisinya sendiri. Pada masa-masa awal, pergulatan perpindahan anmies melalui hutan lebat tentu saja berkecil hati dalam menciptakan kerajaan. di Benin, yang terletak di hutan-hutan besar, para pemukim, dan jika mereka adalah penakluk, mar hare tidak dapat menjadi yang utama: suara yang mudah disembunyikan berbohong, dan akan terserap di dalam situasi setempat. Pemeriksa ife terkemuka mungkin merasa tidak mungkin untuk menetapkan nimsel sebagai penguasa 2 orang non-ioruba yang kuat dan mungkin telah pergi tanpa ampun atau telah dikeluarkan. Dalam kasus ini, anaknya, yang lahir dari sebuah prasangka lokal, dapat dengan mudah berhasil 'takhta takhta seperti itu, pastilah Anda telah mengalami perpisahan sepenuhnya dengan masa lalu, ini adalah menegaskan bahwa hubungan tersebut dengan kuat meningkatkan kerajaannya dan kerajaannya yang maju. Jika dalam situasi seperti itu, kebohongan tidak akan lagi menjadi ancaman langsung bagi Benin. Negara-negara tro dapat memiliki hubungan damai yang damai dan berbohong teknik semut dan omong kosong bisa membuat mainan mereka ke Benin secara wajar. Tradisi Benin sesuai dengan spekulasi semacam itu. Ini memuji lle untuk memasok dinasti modemnya sebagai penguasa dan untuk industri perunggu derel. Sejarawan tidak menemukan tujuan bahwa Benin pernah secara politis tunduk pada sebaliknya. jelas bahwa Benin earlr menjadi negara kuat yang kuat dan politisi yang berkuasa berdasarkan jumlah kerajaan Yoruba. Kekaisarannya antara abad kelima belas dan abad ke-19 terbentang di tingkat selatan negara bagian Yoruba sampai Lagos dan Badagry. dekat tepi voestemm Nigeria modern. Panjang umur panjang negara Benin di bawah obas tampaknya telah dimungkinkan, setidaknya sebagian, oleh fakta bahwa oba tersebut memperoleh takhta di bawah ketentuan konstitusional yang jelas yang mengatur tentang aturan turun-temurun oleh putra utama oba. Uzama, atau negara bagian
Halaman 176
Kekuatan nasional di negara atair tapi tidak ada yang menarik ketegangan oot yang sering ditandai hubungan antara alafin dan oyo Mesi di oyo secara efektif terhambat dalam sistem Benin. Beberapa obas kuat dan kreatif. sementara yang lain lemah dan tidak efektif. namun hak penguasaan mereka yang suci membantu memberikan kontinuitas dan untuk mencegah penyusunan internal dan melucuti Eweka oba nauve pertama, adalah pendiri negara dan oba yang dengannya orang Uzama dianggap telah memulai. Setelah dia negara tumbuh lebih kuat dan secara bertahap memperluas wilayahnya di bawah naungan dengan kualitas yang bervariasi. Di sekitar 140 salah satu obas terbesar di sejarah Benin datang ke takhta: Etwuare. Ewuare, yang dirayakan dalam pemerintahan sebagai magdan, penyembuh, dan pemimpin militer, melakukan ekspansi besar-besaran ke kekaisaran. Tradisi berpendapat bahwa Ewuare berjuang dan mengalahkan 201 kota yang banyak di antaranya adalah negara-negara kecil) dari kapal selam Yoruba ke-2 dan menyebarkan otoritas Benin ke Sungai Niger di timur dan masuk ke negara Yoruba di utara dan barat. Menurut tradisi, ia mengangkat Kota Benin menjadi kota penting. Selama masa pemerintahannya sebagai orang Portugis bernama d Aveiro menjadi orang Eropa pertama yang diketahui telah mengunjungi posisi Benin, tidak jauh dari laut di atas sungai yang dapat dilayari, memaparkannya untuk menghubungi Eropa langsung dari HS5. Pada tahun-tahun awal abad keenam belas d Aveiro, pada kunjungan keduanya ke Benin, dikatakan memiliki keinginan untuk membangun rel naga von: h Fortugal Benin mengirim seorang duta besar ke Portugal, dan Portugal mengirim para pedagang dan misionaris ke Benin. Sebuah gereja dibangun dan misionaris Portugis, dengan dukungan dari oba, membaptis ribuan BinL Ketika Engiishman pertama mengunjungi Benin, pada tahun 1555. dia menemukan bahwa oba itu sendiri dapat berbicara bahasa Portugis. Kehadiran Portugis dan Qaristianitas di Benin akhirnya memudar. Pedagang menemukan kondisi iklim dan kesehatan yang tidak memuaskan dan segera meninggalkan stasiun perdagangan mereka di negara ini. Pada abad ketujuh belas jejak kecil pengaruh Portugis telah bertahan, dan kontak Benin dengan Eropa sangat bergantung pada kunjungan pedagang Inggris dan Belanda Sebagian besar perdagangan Eropa beralih ke Dahomey di barat dan ke "negara sungai" baru yang mulai berkembang di mulut Niger: Bonny. Kuningan. Kalabari. dan lain-lain. Benin, meski tidak terisolasi, menjadi area kepentingan sekunder sejauh menyangkut perdagangan Eropa dan Afrika. Selama abad kedelapan belas, Kekaisaran Benin mulai menyusut. Kekaisaran o, pada puncak kekuatannya, membatasi pengaruh Benin di utara dan barat: kekuatan pertumbuhan negara bagian Yoruba di Ekiti dan Egbado memungkinkan mereka melepaskan diri dari Benin, dan keunggulan perdagangan mantan Benin berkurang
Halaman 177
Pada beberapa periode selama abad kesembilan belas, kekuatan lama Benin kembali menguatkan dirinya, dan wilayah bekas ditangkap. Tapi sistem politik Benin yang stabil telah mulai memburuk, dan peperangan sipil dan persaingan antar faksi semakin sering terjadi. Dengan cach internal internal yang baru, wilayah-wilayah di bawah kekaisaran akan melepaskan diri lagi. Di tanah Yoruba, Akure dan sejumlah kota Ekiu memberontak, dan kekuatan pertumbuhan Ibadan berkembang menjadi Ilesha dan daerah Yoruba lainnya yang sebelumnya berada di bawah kendali Benin. Pada tahun 1890, wilayah Benin hanya mengitari perapian Edo dan Iboland barat. Pengaruh Inggris sekarang mapan di delta Niger dan pemeran Niger, secara efektif menghalangi ekspansi kekaisaran oleh Benin. Pada tahun 1897, setelah sebuah misi Inggris dibanjiri dalam perjalanan ke Benin, kota itu dipuja oleh pasukan Inggris dan diasingkan. Dengan demikian kekaisaran Benin berakhir, setelah berkarir lebih dari enam abad.
b.c. Seperti akan, bagaimanapun, kemakmuran mereka di negara hutan bisa. tidak terlalu besar sampai sekitar millen nium A.D., ketika tanaman Asia Timur diperkenalkan. Tradisi Yoruba menempatkan orang-orang Yoruba di Ife. Satu mitos berpendapat bahwa semua manusia diciptakan di Ife, dan menyebarkannya dari dunia ke sana. Lain, jauh lebih sederhana, berpendapat bahwa Oduduwa, nenek moyang semua orang Yoruba, tiba di Ife dari suatu tempat yang jauh ke timur, dan mendirikan orang-orang Yoruba. Apapun masalahnya, semua Yoruba masih menganggap Ife sebagai kota suci. Arkeolog modern berada di tengah penggalian luas di Ife modern, sebuah tugas yang sulit mengingat pengelompokan rumah yang padat dan sejumlah besar cakar suci yang tidak dapat disentuh oleh sekop arkeolog. Patung dan patung batu, terra cotta, dan perunggu yang telah ditemukan jauh sebelum tahun 1300 dan menunjukkan tingkat kekayaan dan stabilitas yang tinggi. Sebagian besar masyarakat Sudan tinggal dalam satu atau lain lingkungan geografis; Bukan begitu Yoruba, yang memainkan peran baik di rumput. tanah Sudan dan di hutan hujan. Kelompok besar Yoruba telah lama mendiami wilayah Ilorin dan o selatan Nupe dan Hausa- land. Di sekitar Oyo mereka membangun sebuah kerajaan kecil yang kuat yang sejarahnya diketahui kembali setidaknya sampai tahun 1400. kelompok Yoruba lainnya dan orang-orang yang terkait erat di hutan-hutan di Nigeria barat daya, di sekitar kota-kota
Ife, Ilesha, Ibadan, Ijebu-Ode, Akure, Ondo, dan Abeokuta, membangun negara-negara yang sangat terstruktur dan budaya yang kaya seni, musik, agama, drama, dan sastra lisan.
Kehidupan Yoruba Sabana, di Ilorin dan Das Oyo, yang terkait erat dengan pola kerajaan yang luas. Ekonomi mereka, seperti orang-orang bangsa lain dari Sudan, didasarkan pada produksi millet, sorgum, sapi kacang polong, dan tanaman kerajaan lainnya. Penduduk hutan Yoruba dan orang-orang dari Sabana berbicara bahasa yang sama, mengakui usul, berbagi sebuah organisasi sosial dan politik yang serupa, dan memakai gaun. Namun hutan Yoruba, seperti Akan dan para penghuni hutan lain, tinggal di desa-desa yang besar, kota-kota dan mengabdikan diri kepada budidaya tanaman tuberous.
Pencapaian unik hutan Yoruba, seperti bangsa Edo terkait yang menciptakan Kekaisaran Benin Timur tanah Yoruba, adalah seni mereka. Oyo, dan sisi lain, tampaknya telah mengalihkan perhatian lebih kepada politik dan pemerintahan dan tidak pernah mencapai kebesaran di seni yang saudara bangsa-bangsa di Selatan mencapai.
Namun, Kekaisaran Oyo adalah pencapaian politik mahkota penduduk Yoruba. Setidaknya sebagai awal 1400 Yoruba Oyo diselenggarakan ke dalam keadaan di bawah pemerintahan tof ialah "alafin"(king). Menurut tradisi, yang berat dicampur dengan mitos-mitos agama nasional, Oyo didirikan oleh Oranmiyan, anak atau cucu dari Oduduwa, yang berasal dari Ife. Empat puluh tiga alafins dikatakan berasal dari Oranmiyan dalam Dinasti yang mungkin setua enam ratus tahun. Alafin ketiga, Sango, membawa beberapa negara sekitarnya di bawah kontrol Oyo's; legenda telah begitu menggambarkan keglamoran Sango, dia sekarang dipuja sebagai dewa petir dan pencahayaan Yoruba.
Tradisi Oyo berbicara tentang kontak awal sering, dan konflik, dengan Nupe, Hausa, dan Borgu. Oyo awal meski telah menduduki posisi sebagai ujung selatan rute perdagangan yang menghubungkan hutan dan masyarakat pesisir dengan Nupe, Hausa, dan Sudan perdagangan kunci. Nupe dan Oyo saingan, dan tanggal dapat diverifikasi awal Oyo adalah ketika raja Nupe's, Tsoede, hancur Oyo tua di sekitar 1532.
Sepanjang akhir keenam belas dan ketujuh berabad-abad Oyo diperpanjang wilayahnya ke utara untuk menyertakan Yoruba Ilorin, dan mengakibatkan kekalahan besar di Nupe. Di Selatan di bertahap dimasukkan negara Yoruba lainnya. Tapi oyo's kavaleri tak pernah berhasil membangun kontrol yang kuat di hutan perbukitan di Serikat Yoruba di Selatan dan barat daya. Oyo terkonsentrasi ekspansi ke barat daya dan Barat. Itu didirikan kekuasaan atas keadaan Yoruba Egbabo dan Fon disebut Dahomey. Melalui Egbabo ini memperoleh akses langsung ke pantai, yang ia bisa mengambil bagian dalam perdagangan dengan Eropa.
Sistem politik Oyo adalah sangat kompleks. Alafin memiliki kekuatan yang luas, dan, dalam khas kerajaan mode, dipercayai sebagai semidivine. Kuasa-Nya seimbang oleh council, Oyo Mesi, yang dipimpin oleh seorang pejabat yang disebut bashoruns. Di zaman ketika alafin adalah kuat dan dan bijaksana, The Oyo Mesi disajikan untuk memperkuat pemerintahannya. Pada saat alafins lemah atau kuat bashoruns, Oyo Mesi cenderung untuk memperkuat perpecahan internal dan ketegangan. Teori politik Yoruba cenderung mempertanyakan kebijaksanaan memiliki penguasa kekuatan yang tidak mudah diperiksa. Oyo Mesi, yang berfungsi sebagai cek pada alafin, itu sendiri di bawah pengawasan thr Ogboni, sebuah masyarakat rahasia yang termasuk banyak pembaca agama dan politik. Alafins kuat terus-menerus berjuang untuk mendukung mereka pribadi di antara para pemimpin militer dan provinsi berikut oleh bangunan. Oyo Mesi, kadang-kadang Ogboni, mencoba untuk mengekang upaya semacam itu. Oyo Mesi telah ine kekuasaan tertinggi dalam perjuangan ini: bisa, dan sering lakukan, memerlukan alafin tirani atau tidak etis untuk bunuh diri.
Di bawah sistem ini Oyo makmur antara ketujuh-belas awal dan akhir abad kedelapan belas, mencapai puncak kekuasaannya antara berikut sekitar 1650, dan 1754, periode selama kekuasaan alafin tumbuh, bashorun kejam, Gaha, datang ke kekuasaan. Gaha melemahkan kekuatan beberapa alafins berikutnya, sampai Abiodun satu aturan, dari 1774 sampai 1789, anak sungai penting menyatakan dalam Kekaisaran Oyo memberontak dan kemerdekaan mereka kembali. Ini menandai awal proses panjang penurunan dalam Kekaisaran nasib. Selama pemerintahan Abiodun's, atau dalam beberapa tahun setelah kematiannya, Borgu, Egba, dan Nupe melemparkan Oyo kontrol, dan disebut Dahomey, sementara masih mengakui Kemaharajaan Oyo's, beberapa kali menolak untuk membayar upeti yang adat. Pada 1818 disebut Dahomey secara resmi menyatakan kemerdekaan; Ilorin bergabung dengan kerajaan suku Fula memperluas Nigeria Utara; dan pecah perang antara Oyo dan Owu. Setelah perang ini, Owu menjadi independen.
Di puncaknya Oyo menguasai wilayah besar yang membentang dari sungai Niger ke Atlantik, dan dari dalam kawasan hutan di Sabana ke perbatasan modern Togo. Selama setidaknya dua abad Oyo makmur perdagangan dan penghargaan sistem imperial. Setelah menjadi sebuah kerajaan yang kuat, Oyo mulai pasticipate dalam perdagangan budak dengan Eropa agen sepanjang pantai terletak dan Barat Nigeria, tetapi perdagangan ini tampaknya memiliki lebih negatif daripada konsekuensi positif untuk Oyo. Nupe dan Borgu yang kedua sumber budak dalam perdagangan melalui disebut Dahomey, tapi saat mereka tumbuh cukup kuat untuk melepaskan diri pada akhir abad kedelapan belas, Oyo menoleh ke arah Serikat Yoruba hutan sebagai sumber tambahan. Oyo budak penggerebekan meningkat, begitu pula dendam dan pembalasan negara Yoruba ini. Pada awal abad kesembilan belas situasi berkembang menjadi sebuah perang sipil, yang adalah untuk wrack Yoruba-tanah selama lebih dari setengah abad.
Sebagai konsekuensi dari perang sivil, Oyo dikurangi untuk impotensi. Oyo tua hancur pada tahun 1835. Pengungsi dari Oyo dan negara-negara lain yang mengalir melalui pedesaan mencari keselamatan. Abeokuta dan Ibadan, dua kota terbesar modern Yoruba, berasal dari pemukiman kelompok besar dari para pengungsi tersebut. Ibadan, sekarang berjumlah lebih dari setengah juta Yoruba, tumbuh pesat dan datang untuk melayani sebagai benteng paling efektif melawan suku Fula dominasi tanah Yoruba Selatan. Abeokuta menjadi titik fokus dari British kegiatan misionaris Kristen di Nigeria, serta benteng Yoruba yang mengalahkan kuat Dahomeyan tentara, inn1851, sehingga mencegah lebih lanjut penaklukan wilayah Yoruba oleh Fon.
Pada 1893 perang sipil Yoruba, tidak lagi diperburuk oleh perdagangan budak, telah berakhir. Inggris memainkan peran penting dalam upaya peacemaking, dengan akhir dari perang sipil datang awal kekuasaan kolonial di tanah Yoruba.
Tanah timur Yoruba ditinggal bangsa oleh bangsa Edo, yang menghasilkan kerajaan besar Benin. Benin adalah jangka panjang negara paling kuat dan sangat berkembang di hutan di pesisir Guinea. Untuk para pengunjung Eropa abad kelima belas dan keenam belas di jelas outshone setiap kerajaan lain di Afrika Barat.
Pada abad ketujuh belas pertengahan, ketika Benin berada di ketinggian kekuatannya, pakar geografi Belanda, Olfen Dapper, menerbitkan sebuah geografi Afrika. Ia mengabdikan banyak ruang ke Benin City, serta negara dan pemerintah.
"Empat belas atau lima belas Liga dari Gotton, sebagai satu perjalanan Utara, terletak sebuah kota yang Belanda sebut besar Benin, karena pada kenyataannya ada kota tidak begitu besar di seluruh wilayah tersebut. Istana Ratu saja ada Liga putaran, dan kota lima; sehingga kota dan Istana diambil bersama-sama memiliki perimeter delapan liga. Kota ini dikelilingi di satu sisi oleh dinding sepuluh kaki tingginya, terbuat dari ganda palisade pohon, dengan taruhannya di antara interlaced dalam bentuk salib, tebal dilapisi dengan bumi. Di sisi lain marsh, dibatasi dengan semak-semak, yang membentang dari ujung dinding ke yang lain, yang berfungsi sebagai benteng alam ke kota. Ada beberapa gerbang, delapan atau sembilan kaki tinggi dan lima kaki lebar: mereka terbuat dari kayu, semua dari satu potong, dan menyalakan saham seperti rintangan yang menyertakan meadows.
Istana Raja... adalah kumpulan bangunan yang menempati banyak ruang sebagai kota Harlem, dan yang dikelilingi dengan dinding. Ada banyak apartemen Pangeran Menteri dan halus galeri yang sebagian besar sebagai besar sebagai orang-orang di Bursa di Amsterdam...
Kota ini terdiri dari tiga puluh jalan-jalan utama, sangat lurus dan 120 kaki lebar, selain infinity dari jalan-jalan berpotongan kecil. Rumah-rumah yang dekat satu sama lain, diatur dalam urutan yang baik; mereka memiliki atap, Beranda, dan langkan, dan yang ditutupi dengan daun-daun dari pohon-pohon palem dan pisang kepada Belanda mengenai kebersihan; mereka mencuci dan menggosok rumah mereka begitu baik bahwa mereka dipoles dan bersinar seperti kaca mencari...
... Negro ini jauh lebih beradab daripada yang lain di pantai ini. Mereka adalah orang yang memiliki hukum yang baik dan polisi oraganized baik; yang hidup baik dengan Belanda dan asing lainnya yang datang untuk perdagangan antara mereka dan menunjukkan kepada mereka seribu tanda persahabatan...
... Lambang orang-orang ini terdiri dari tombak dan perisai, assegais, busur dan panah beracun. Pria yang sedang dalam perjalanan untuk mengambil bagian dalam......
Halaman 174
Aerarding ke Edu uradition negara Benin didirikan di sekitar 900 oleh orang-orang Beni yang bermigrasi dari Enpt. Tidak ada pendirian atau pandangan bahwa orang-orang datang dari Mesir dapat dipahami secara harfiah. Negara bagian ini lebih mungkin didirikan pada sekitar abad kesebelas atau abad Drellth dan para pendirinya, seperti founden et many oor lorest suates adalah orang-orang savana yang pindah ke hutan dan bergabung dengan masyarakat adat di sana. Edo adalah sebuah cabang dari Kwa menghuni saham Kordofanian Kongo dan terkait erat dengan bahasa Yoruba dan Ibo. Apapun asal usul pendiri Benin, negara hanya membutuhkan tempat di Ile pada zaman purbakala pembangunan. Perampokan bronte yang luar biasa dari arahan dan pencipta Benin (sangat terkait dengan gaya Ile) sampai pada tanggal yang hampir sama dengan tahun Ife Mereka Diproduksi pada awal abad ke-14, jika tidak sebelumnya Sejarah Benin, terutama sebagai itu telah diwariskan dalam tradisi lisan, yang paling awal ditulis oleh modern kepala tebu Jacob Egharevba. dirinya anggota bangsawan Benie. Menurut Egharevbo, penguasa dinasti hnt disebut ogiso. Dari dugaan berdirinya Benin di sekitar 900. Ada satu ogisos, Benin tumbuh secara bertahap dan termasuk dalam sistem politiknya kelompok orang Edini dari Bini dan beberapa kelompok Edo yang terkait erat. Beberapa tahun sebelum 1170 sebuah perselisihan serius tentang legitimasi keberhasilan sebuah ogiso baru terjadi. Orang-orang Bini yang jijik mengirim sebuah delegasi ke oduduwa. raja legendaris lfe yang dianggap sebagai bapak masyarakat Yoruba, untuk meminta seorang penguasa baru. Tren berpendapat bahwa Oduduwa mengirim anaknya Oranmivan, oranmiyan yang sama yang kemudian mendirikan oyo, sebagai asal Toba "(kata Yoruba untuk penguasa) Benin Oranmiyan dikatakan telah memerintah selama beberapa tahun.Dia kemudian kembali ke Yorubaland, menegaskan bahwa Benin tidak dapat dikuasai dengan benar oleh orang luar.Dia menunjuk anaknya oleh seorang istri Bini untuk menjadi penggantinya. Anak ini Eweka L adalah orang asli yang lahir pertama oba. Legenda ini hampir pasti merupakan representasi simbolis dari peran vitalnya. kota Yoruba ife bermain sebagai pusat gagasan dan bakat baru. Spekulasi sejarah memberikan akun yang sedikit berbeda, tepat sebelum tanggal 1000 Masehi. Hitam Afrika dari saham Sudan harus telah menetap di wilayah asalnya dari modem Nigeria juga di
Halaman 175
niques seni. Mungkin terjadi peningkatan yang relatif cepat pada populasi hutan sekitar periode ini. Keluarga atau kelompok keluarga angkat yang banyak, dengan kerabat dan irien mereka, pasti telah meninggalkan daerah yang penuh dengan bahaya untuk mencari keberuntungan di daerah yang berdekatan. Raja kebohongan mungkin telah mengirimkan partai-partai pemukim ini, dan mereka mungkin bisa menetapkan diri dalam pasak prestise dan kebajikan dari dukungannya. otoritas oleh band-band bohong ini akan segera diserap di Yoruba 2reas yang mereka pindahkan mungkin tidak dapat meniru daerah Yoruba yang berdekatan dengan sistem polisinya sendiri. Pada masa-masa awal, pergulatan perpindahan anmies melalui hutan lebat tentu saja berkecil hati dalam menciptakan kerajaan. di Benin, yang terletak di hutan-hutan besar, para pemukim, dan jika mereka adalah penakluk, mar hare tidak dapat menjadi yang utama: suara yang mudah disembunyikan berbohong, dan akan terserap di dalam situasi setempat. Pemeriksa ife terkemuka mungkin merasa tidak mungkin untuk menetapkan nimsel sebagai penguasa 2 orang non-ioruba yang kuat dan mungkin telah pergi tanpa ampun atau telah dikeluarkan. Dalam kasus ini, anaknya, yang lahir dari sebuah prasangka lokal, dapat dengan mudah berhasil 'takhta takhta seperti itu, pastilah Anda telah mengalami perpisahan sepenuhnya dengan masa lalu, ini adalah menegaskan bahwa hubungan tersebut dengan kuat meningkatkan kerajaannya dan kerajaannya yang maju. Jika dalam situasi seperti itu, kebohongan tidak akan lagi menjadi ancaman langsung bagi Benin. Negara-negara tro dapat memiliki hubungan damai yang damai dan berbohong teknik semut dan omong kosong bisa membuat mainan mereka ke Benin secara wajar. Tradisi Benin sesuai dengan spekulasi semacam itu. Ini memuji lle untuk memasok dinasti modemnya sebagai penguasa dan untuk industri perunggu derel. Sejarawan tidak menemukan tujuan bahwa Benin pernah secara politis tunduk pada sebaliknya. jelas bahwa Benin earlr menjadi negara kuat yang kuat dan politisi yang berkuasa berdasarkan jumlah kerajaan Yoruba. Kekaisarannya antara abad kelima belas dan abad ke-19 terbentang di tingkat selatan negara bagian Yoruba sampai Lagos dan Badagry. dekat tepi voestemm Nigeria modern. Panjang umur panjang negara Benin di bawah obas tampaknya telah dimungkinkan, setidaknya sebagian, oleh fakta bahwa oba tersebut memperoleh takhta di bawah ketentuan konstitusional yang jelas yang mengatur tentang aturan turun-temurun oleh putra utama oba. Uzama, atau negara bagian
Halaman 176
Kekuatan nasional di negara atair tapi tidak ada yang menarik ketegangan oot yang sering ditandai hubungan antara alafin dan oyo Mesi di oyo secara efektif terhambat dalam sistem Benin. Beberapa obas kuat dan kreatif. sementara yang lain lemah dan tidak efektif. namun hak penguasaan mereka yang suci membantu memberikan kontinuitas dan untuk mencegah penyusunan internal dan melucuti Eweka oba nauve pertama, adalah pendiri negara dan oba yang dengannya orang Uzama dianggap telah memulai. Setelah dia negara tumbuh lebih kuat dan secara bertahap memperluas wilayahnya di bawah naungan dengan kualitas yang bervariasi. Di sekitar 140 salah satu obas terbesar di sejarah Benin datang ke takhta: Etwuare. Ewuare, yang dirayakan dalam pemerintahan sebagai magdan, penyembuh, dan pemimpin militer, melakukan ekspansi besar-besaran ke kekaisaran. Tradisi berpendapat bahwa Ewuare berjuang dan mengalahkan 201 kota yang banyak di antaranya adalah negara-negara kecil) dari kapal selam Yoruba ke-2 dan menyebarkan otoritas Benin ke Sungai Niger di timur dan masuk ke negara Yoruba di utara dan barat. Menurut tradisi, ia mengangkat Kota Benin menjadi kota penting. Selama masa pemerintahannya sebagai orang Portugis bernama d Aveiro menjadi orang Eropa pertama yang diketahui telah mengunjungi posisi Benin, tidak jauh dari laut di atas sungai yang dapat dilayari, memaparkannya untuk menghubungi Eropa langsung dari HS5. Pada tahun-tahun awal abad keenam belas d Aveiro, pada kunjungan keduanya ke Benin, dikatakan memiliki keinginan untuk membangun rel naga von: h Fortugal Benin mengirim seorang duta besar ke Portugal, dan Portugal mengirim para pedagang dan misionaris ke Benin. Sebuah gereja dibangun dan misionaris Portugis, dengan dukungan dari oba, membaptis ribuan BinL Ketika Engiishman pertama mengunjungi Benin, pada tahun 1555. dia menemukan bahwa oba itu sendiri dapat berbicara bahasa Portugis. Kehadiran Portugis dan Qaristianitas di Benin akhirnya memudar. Pedagang menemukan kondisi iklim dan kesehatan yang tidak memuaskan dan segera meninggalkan stasiun perdagangan mereka di negara ini. Pada abad ketujuh belas jejak kecil pengaruh Portugis telah bertahan, dan kontak Benin dengan Eropa sangat bergantung pada kunjungan pedagang Inggris dan Belanda Sebagian besar perdagangan Eropa beralih ke Dahomey di barat dan ke "negara sungai" baru yang mulai berkembang di mulut Niger: Bonny. Kuningan. Kalabari. dan lain-lain. Benin, meski tidak terisolasi, menjadi area kepentingan sekunder sejauh menyangkut perdagangan Eropa dan Afrika. Selama abad kedelapan belas, Kekaisaran Benin mulai menyusut. Kekaisaran o, pada puncak kekuatannya, membatasi pengaruh Benin di utara dan barat: kekuatan pertumbuhan negara bagian Yoruba di Ekiti dan Egbado memungkinkan mereka melepaskan diri dari Benin, dan keunggulan perdagangan mantan Benin berkurang
Halaman 177
Pada beberapa periode selama abad kesembilan belas, kekuatan lama Benin kembali menguatkan dirinya, dan wilayah bekas ditangkap. Tapi sistem politik Benin yang stabil telah mulai memburuk, dan peperangan sipil dan persaingan antar faksi semakin sering terjadi. Dengan cach internal internal yang baru, wilayah-wilayah di bawah kekaisaran akan melepaskan diri lagi. Di tanah Yoruba, Akure dan sejumlah kota Ekiu memberontak, dan kekuatan pertumbuhan Ibadan berkembang menjadi Ilesha dan daerah Yoruba lainnya yang sebelumnya berada di bawah kendali Benin. Pada tahun 1890, wilayah Benin hanya mengitari perapian Edo dan Iboland barat. Pengaruh Inggris sekarang mapan di delta Niger dan pemeran Niger, secara efektif menghalangi ekspansi kekaisaran oleh Benin. Pada tahun 1897, setelah sebuah misi Inggris dibanjiri dalam perjalanan ke Benin, kota itu dipuja oleh pasukan Inggris dan diasingkan. Dengan demikian kekaisaran Benin berakhir, setelah berkarir lebih dari enam abad.
Komentar
Posting Komentar