Contoh Pembuatan RPP ( rencana pelaksanaan pembelajaran ) Mata Pelajaran Sejarah







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.   Identitas Program Pendidikan, meliputi:

Nama Sekolah 
Mata Pelajaran
Komp. Keahlian : SEMUA KOMPETENSI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
Tahun Pelajaran: 
Alokasi Waktu  : 9 X 45 MENIT

B.   Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3.    Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.    Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Sejarah Indonesia
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
3.2 menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya  masyarakat Pra
Aksara Indonesia









          4.2. Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasil-hasil budaya
 khususnya  masyarakat Pra Aksara Indonesia
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 membagankan hasil budaya pra aksara dengan manusia yang
 membuatnya.
3.2.2 menelaah kehidupan manusia zaman pra aksara dalam berbagai
aspek
3.2.3 menetapkan ciri- ciri manusia yang hidup pada zaman praaksara
 sesuai masanya.
3.2.4 membedakan kehidupan manusia zaman batu tua dan batu muda
 ditinjau dari berbagai sudut kehidupannya.
         3.2.5 mengkorelasikan hasil kebudayaan pra aksara dengan yang masih berkembang pada masa sekarang.
4.2.1memodifikasi informasi tentang manusia dan hasil budayanya khusunya masyarakat pra aksara Indonesia
4.2.2 mengolah informasi tentang manusia dan hasil budayanya khususnya
 masyarakat pra aksara Indonesia
4.2.3 menyajikan hasil pengolahan informasi tentang manusia dan hasil
budayanya khususnya masyarakat pra aksara Indonesia secara lisan
 dan tulisan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi dan menggali informasi dari berbagai sumber, peserta didik mampu :
·         Membagankan hasil budaya pra aksara dengan manusia yang membuatnya dengan lengkap.
·         Menelaah kehidupan manusia zaman pra aksara dalam berbagai aspek dengan teliti.
·         Menetapkan ciri- ciri manusia yang hidup pada zaman pra aksara sesuai masanya dengan benar.
·         Membedakan kehidupan manusia zaman batu tua dan batu muda dari berbagai sudut kehidupannya dengan teliti.
·         Mengkorelasikan hasil kebudayaan pra aksara dengan yang masih berkembang pada masa sekarang dengan lengkap.
·         memodifikasi informasi tentang manusia dan hasil budayanya khusunya masyarakat pra aksara Indonesia dengan teliti
·         mengolah informasi tentang manusia dan hasil budayanya khususnya masyarakat pra aksara Indonesia dengan benar.
·         menyajikan hasil pengolahan informasi tentang manusia dan hasil budayanya khususnya masyarakat pra aksara Indonesia secara lisan dan tulisan dengan lengkap.



D.  Materi Pembelajaran
kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya  masyarakat Pra Aksara Indonesia
dari mulai zaman batu tua sampai dengan zaman logam. Dari jenis manusia pithecanthropus erectus sampai dengan jenis homo sapien. Dari jenis kapak genggam sampai kapak persegi. Dari hidup nomaden sampai menetap. Dan dari kehidupan ekonomi food gathering sampai food producing.
E.   Pendekatan, Strategi dan Metode
Saintific, Problem Based Learning, Diskusi dan penugasan
F.   Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Kesatu:
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 20 menit )
·         Berdo’a
·         Presensi
·         Apersepsi guru bertanya tentang pelajaran yang lalu.
·   Corelasi guru mengkorelasikan kehidupan masa sekarang dengan   materi
·         Penayangan tujuan dan motivasi pada siswa
·         Pengkondisian kelompok diskusi
b.  Kegiatan Inti ( 100 menit)
·         Mengidentifikasi masalah
          Guru meminta peserta didik  melihat tayangan gambar yang mengenai  kehidupan dan hasil budaya manusia pra aksara
·         Menetapkan masalah melalui berpikir tentang masalah dan menyeleksi informasi-informasi yang relevan;
Peserta didik bersama kelompoknya menseleksi berbagai masalah dengan memunculkan berbagai pertanyaan tentang materi.
Peserta didik  melakukan pencarian informasi yang relevan dari berbagai sumber informasi

c.    Penutup ( 15 menit)
Peserta didik dan guru melakukan refleksi dengan menilai pelaksanaan diskusi kelompok yang sudah berlangsung.
Guru menugaskan peserta didik untuk menuliskan hasil pencarian informasi dalam buku kelompok.
2.  Pertemuan Kedua
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
Berdo’a
Presensi
Apersepsi tentang kesulitan materi minggu sebelumnya
Korelasi materi dengan kehidupan yang dijalani
Motivasi dengan pengkondisian kelompok
b.  Kegiatan Inti ( 110 menit)
·         Mengembangkan solusi melalui pengidentifikasian alternatif-alternatif, tukar-pikiran dan mengecek perbedaan pandang;
Menelaah berbagai solusi  pemecahan masalah dengan melakukan diskusi dan menyelesaiikan perbedaan- perbedaan yang ada.

·         Melakukan tindakan strategis,
Mendiskusikan dalam kelas mengenai berbagaii kemungkinan  langkah yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan masalah dengan menyajikannya

c.   Penutup (15 menit),
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai pelaksanaan diskusi
Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan menuliskan hasil diskusi dalam buku kelompok.
3.    Pertemuan ketiga
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
Berdo’a
Presensi
Apersepsi tentang kesulitan materi minggu sebelumnya
Korelasi materi dengan kehidupan yang dijalani
Motivasi dengan pengkondisian kelompok
b.Kegiatan Inti ( 80  menit)
Melihat ulang dan mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari solusi yang dilakukan
Mengkaji ulang bersama kelompoknya dalam menyelesaikan masalah dan menuliskan dalam hasil karya.
Mengevaluasi  solusi yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah dengan menyajikannya dalam diskusi kelas.
c.Penutup ( 45 menit )
  Guru dan siswa melakukan refleksi.
  Dilaksanakan test tertulis dengan soal pilihan jamak dan essai.
  Hasil tulisan kelompok dikumpulkan.
G.  Alat/Bahan  dan Media Pembelajaran
Alat/ Bahan : LCD, Buku sumber
Media         : Internet dan buku paket sejarah
H.  Sumber Belajar : Internet dan buku sejarah kelas X
I.    Penilaian Pembelajaran
1.  Teknik Penilaian : Test dan pengamatan
2.  Instrumen Penilaian : test tertulis dan rubrik

Mengetahui
Kepala ……..........................



NIP.
nama kota , bulan dan tahun
Guru Mata Pelajaran,



NIP


 



Lampiran Penilaian :
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal

Bentuk Soal

3.2 menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya  masyarakat Pra Aksara Indonesia

3.2.1 membagankan hasil budaya pra aksara dengan manusia yang membuatnya.












3.2.2 menelaah kehidupan manusia zaman pra aksara dalam berbagai aspek







3.2.3 menetapkan ciri- ciri manusia yang hidup pada zaman praaksara sesuai masanya.






3.2.4 membedakan kehidupan manusia zaman batu tua dan batu muda ditinjau dari berbagai sudut kehidupannya.















































3.2.5 mengkorelasikan hasil kebudayaan pra aksara dengan yang masih berkembang pada masa sekarang.

1.Hasil- hasil budaya masa pra aksara
2.Manusia yang hidup masa pra aksara
3.Kehidupan manusia pra aksara
4.Pembabakan masa pra aksara
5.Hubungan masa pra aksara dengan masa sekarang yang masih berkembang
Manusia yang hidup pada masa pra aksara telah membuat berbagai hasil budaya sesuai zamannya. Bagankan hasil budaya pra aksara serta jenis manusia yang membuatnya dengan benar.






Kehidupan yang berkembang  pada zaman paleolithikum sangat berbeda dengan zaman- zaman yang lainnya. Coba telaah kehidupan zaman ini dalam aspek ekonomi.


Manusia yang hidup pada zaman pra aksara salah satunya jenis pithecanthropus yang hidup pada zaman paleolithikum. Coba tetapkan ciri yang sangat mendasar dari jenis manusia ini.

Pada zaman pra aksara berkembang zaman batu tua, batu tengah, batu besar dan batu muda. Coba bedakan kehidupa social ekonomi zaman batu tua dan batu muda.








































Kehidupan zaman batu memiliki perbedaan dalam segala aspeknya. Coba kamu bedakan teknologi yang berkembang pada zaman batu tengah dengan zaman batu muda.

Antara kebudayaan yang berkembang zaman pra aksara dengan yang ditemukan sekarang memiliki korelasi yang erat. Coba kamu korelasikan salah satu hasil budaya zaman neolithikum dengan yang masih digunakan zaman sekarang dalam bidang kepercayaan.

Hasil kebudayaan zaman pra aksara dalam bidang teknologi memiliki korelasi yang erat dengan yang masih dapat kita temukan masa sekarang ini. Coba kamu hubungkan teknologi pembuatan logam masa pra aksara dengan masa sekarang yang masih dapat dilihat berkembang dalam kehidupan masyarakat sekitarmu.
Manusia yang hidup pada masa pra aksara telah membuat berbagai hasil budaya sesuai zamannya. Seperti salah satu contoh di bawah ini….
a.kapak genggamàhomo soloensis
b.kapak persegiàhomo sapien
c.menhiràhomo wajakensis
d.punden berundakàhomo erectus
e.kapak lonjongàhomo meghantropus.






Kehidupan yang berkembang  pada zaman paleolithikum sangat berbeda dengan zaman- zaman yang lainnya.
Seperti dalam kehidupan ekonomi, mereka masih melakukan….
a.Food gathering
b.Food producing
c.Food courting
d.Food marketing
e.Food modern



Manusia yang hidup pada zaman pra aksara salah satunya jenis pithecanthropus yang hidup pada zaman paleolithikum.
Manusia jenis ini memiliki ciri dasar seperti ini….
a.Volume otak 600 cc
b.Volume otak 800 cc
c.Volume otak 900 cc
d.Volume otak 1000 cc
e.Volume otak 1100 cc



Pada zaman pra aksara berkembang zaman batu tua, batu tengah, batu besar dan batu muda yang berbeda satu sama lain. Salah satu Perbedaan zaman batu tua dan batu muda dalam bidang social ekonominya seperti di bawah ini….
Batu tua
Batu muda
A nomaden-food gathering
Menetap-food producing
B semi menetap-food gathering
Semi menetap- food producing
C Menetap- food gathering
Nomaden- food producing
D Semi menetap- food producing
Semi menetap -food gathering
E Nomaden- food producing
Menetap- food gathering


Kehidupan zaman batu memiliki perbedaan dalam segala aspeknya. Coba kamu bedakan teknologi yang berkembang pada zaman batu tengah dengan zaman batu muda.







Antara kebudayaan yang berkembang zaman pra aksara dengan yang ditemukan sekarang memiliki korelasi yang erat.
salah satu hasil budaya zaman neolithikum  yang masih dapat kita temukan pada  kehidupan masyarakat  sekarang dalam bidang kepercayaan seperti….
A tradisi persembahan sesaji pada benda- benda besar
B tradisi sesaji pada gua-gua angker
C tradisi sesaji pada arwah leluhur dalam Bahasa Sunda karuhun
D tradisi sesaji pada pohon besar
E tradisi sesaji kepada alam seperti pesta laut


Hasil kebudayaan zaman pra aksara dalam bidang teknologi memiliki korelasi yang erat dengan yang masih dapat kita temukan masa sekarang ini. Coba kamu hubungkan teknologi pembuatan logam masa pra aksara dengan masa sekarang yang masih dapat dilihat berkembang dalam kehidupan masyarakat sekitarmu.

KUNCI JAWABAN DAN PENSKORAN
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Manusia yang hidup pada masa pra aksara telah membuat berbagai hasil budaya sesuai zamannya. Seperti salah satu contoh di bawah ini….
a.kapak genggamàhomo soloensis
b.kapak persegiàhomo sapien
c.menhiràhomo wajakensis
d.punden berundakàhomo erectus
e.kapak lonjongàhomo meghantropus.
B
2
2
Kehidupan yang berkembang  pada zaman paleolithikum sangat berbeda dengan zaman- zaman yang lainnya.
Seperti dalam kehidupan ekonomi, mereka masih melakukan….
a.Food gathering
b.Food producing
c.Food courting
d.Food marketing
e.Food modern
A
2
3.
Manusia yang hidup pada zaman pra aksara salah satunya jenis pithecanthropus yang hidup pada zaman paleolithikum.
Manusia jenis ini memiliki ciri dasar seperti ini….
a.Volume otak 600 cc
b.Volume otak 800 cc
c.Volume otak 900 cc
d.Volume otak 1000 cc
e.Volume otak 1100 cc
A
2
4
Pada zaman pra aksara berkembang zaman batu tua, batu tengah, batu besar dan batu muda yang berbeda satu sama lain. Salah satu Perbedaan zaman batu tua dan batu muda dalam bidang social ekonominya seperti di bawah ini….
Batu tua
Batu muda
A nomaden-food gathering
Menetap-food producing
B semi menetap-food gathering
Semi menetap- food producing
C Menetap- food gathering
Nomaden- food producing
D Semi menetap- food producing
Semi menetap –food gathering
E Nomaden- food producing
Menetap- food gathering
A
2
5
Antara kebudayaan yang berkembang zaman pra aksara dengan yang ditemukan sekarang memiliki korelasi yang erat.
Salah satu hasil budaya zaman neolithikum  yang masih dapat kita temukan pada  kehidupan masyarakat  sekarang dalam bidang kepercayaan seperti….
A tradisi persembahan sesaji pada benda- benda besar
B tradisi sesaji pada gua-gua angker
C tradisi sesaji pada arwah leluhur dalam Bahasa Sunda karuhun
D tradisi sesaji pada pohon besar
E tradisi sesaji kepada alam seperti pesta laut
C
2
6.
Kehidupan zaman batu memiliki perbedaan dalam segala aspeknya. Coba kamu bedakan teknologi yang berkembang pada zaman batu tengah dengan zaman batu muda.

-Zaman batu tengah sudah memiliki teknologi membuat karya berukuran besar- zaman batu muda berukuran kecil tapi sudah sanat halus.
-Zaman batu tengah  belum mengenal teknologi bercocok tanam- zaman batu muda sudah mengenal bercocok tanam
-Zaman batu tengah belum mengenal teknologi bangunan- zaman batu muda sudah mengenal teknologi pembuatan bangunan.
Jawaban benar dan lengkap 4
Jawaban benar kurang lengkap 3
Jawaban kurang benar dan kurang lengkap 2
Jawaban kurang benar dan tidak lengkap 1
Jawaban salah 0
7.
Hasil kebudayaan zaman pra aksara dalam bidang teknologi memiliki korelasi yang erat dengan yang masih dapat kita temukan masa sekarang ini. Coba kamu hubungkan teknologi pembuatan logam masa pra aksara dengan masa sekarang yang masih dapat dilihat berkembang dalam kehidupan masyarakat sekitarmu.
-Dulu terdapat para undagi- sekarang masih ada dengan pembuatan logam caranya sama
-Teknik bivalve dalam membuat benda logam sekarang masih digunakan oleh penjual gulali dalam membuat boneka dari gula
-Hasil undagi berbentuk kapak dll peralatan hidup- sekarang pembuatan kapak masih untuk peralatan hidup
Jawaban benar dan lengkap 4
Jawaban benar kurang lengkap 3
Jawaban kurang benar dan kurang lengkap 2
Jawaban kurang benar dan tidak lengkap 1
Jawaban salah 0

PENILAIAN KETRAMPILAN
4.2Menyajikan informasi mengenai manusia dan hasil-hasil budaya                khususnya  masyarakat Pra Aksara Indonesia
NAMA SISWA
BAHASA KOMUNIKATIF

30 POINT
PENULISAN HASIL INFORMASI LENGKAP dan benar
40 POINT
MENYAMPAIKAN MATERI BENAR
30 POINT

JUMLAH POINT




















Rubrik Bahasa komunikatif ; fasih berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar  30
 fasih berbicara kurang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar 20
kurang fasih dan kurang menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar 10
Penulisan hasil informasi lengkap dan benar:
menulis hasil informasi lengkap dan benar kemasan bagus 40
menulis hasil informasi lengkap, benar, kemasan kurang bagus 30
menulis hasil informasi lengkap kurang benar kurang bagus 20
menulis hasil informasi kurang lengkap, kurang benar, kurang bagus 10
Menyampaikan materi benar : 30, menyampaikan materi cukup 20, menyampaikan materi kurang 10

Remedial : siswa membuat rangkuman tentang materi dalam buku catatan individu dengan penilaian sama dalam ketrampilan

Pengayaan : siswa memberikan berbagai contoh penerapan tentang materi dalam kehidupan sehari- hari lengkap ditulis dalam buku catatan individu dengan penilaiaan sama dengan ketrampilan.




Komentar

postingan populer

Penyebab jerman barat dan jerman timur terpecah

Macam-macam metode komunikasi dalam sejarah public

HARGA SPERPART ORIGINAL RX KING LENGKAP